Senin, 18 Juni 2012

Inilah profil Stadion penyelenggara EURO 2012

2012 UEFA European Football Championship, sering disebut sebagai Euro 2012, akan menjadi Piala Eropa 14 untuk tim nasional sepak bola yang diselenggarakan oleh UEFA. Turnamen final akan diselenggarakan di 2 negara Polandia dan Ukraina antara 8 Juni dan 1 Juli 2012. Ini adalah pertama kalinya kedua bangsa tersebut menjadi tuan rumah piala Euro. Tawaran ini dipilih oleh Komite Eksekutif UEFA pada tahun 2007.

Format Turnamen final diikuti oleh 16 negara, dan menjadi format Kejuaraan Eropa terakhir (dari Euro 2016 dan seterusnya, akan ada 24 finalis). Babak kualifikasi diikuti oleh 51 negara dari Agustus 2010 dan November 2011 untuk bisa lolos dan mengikuti partai final di Ukraina – Polandia. Pemenang turnamen EURO 2012 memiliki keuntungan masuk otomatis ke Piala Konfederasi 2013 yang diselenggarakan oleh Brasil.

Berikut Stadion yang menjadi tempat penyelenggaraan :

National Stadium Warsaw


Foto: National Stadium Warsaw/Amazing Architecture

National Stadium Warsaw dibangun sejak 2008 dan rampung pada 2011. Stadion yang didirikan di atas lahan stadion lama Dziesiechieolecia (10th Anniversary Stadium) ini memiliki keunikan di mana atapnya juga disanggah oleh kabel baja yang terikat ke sebuah jarum besar yang terpasang tepat di bagian atas center stadion.

Sejarah Kota
Setelah dibangun kembali usai perang dunia II yang membuat 80 persen bangunan di kota itu hancur, Warsawa dikenal sebagai ‘Phoenix City’. Meskipun berada 300 km dari laut, uniknya Warsawa memiliki lambang putri duyung.

Tidak diketahui pasti dari mana asalnya tapi konon ini berkaitan dengan kisah dua anak perempuan Dewa Triton yang melakukan perjalanan melintasi samudera. Seorang memutuskan menetap di sebuah pantai di Denmark yang kemudian disebut Kopenhagen, dan seorang lagi mengakhiri perjalanannya di pantai sebuah desa di Warszowa.

Alkisah, para nelayan yang melihatnya benar-benar mengagumi kecantikan putri itu namun pedagang serakah yang mendengar kabar itu datang dan menangkapnya.

Di tahun 1596 Warsawa merupakan ibukota Polandia menggantikan Cracow. Namun setelah Prussia melakukan aneksasi pada 1795, peran Warsawa direduksi menjadi ibukota provinsi.

Pada 1815 Warsawa jatuh di tangan kekuasaan Rusia, sampai perang dunia pertama. Selama 21 tahun Warsawa menjadi ibukota Polandia, dan berkembang, tapi situasi berubah ketika 1 September 1939 bom Jerman meluluhlatakkan kota. Hanya satu bulan Warsawa pun jatuh.

Enam tahun kemudian, Soviet melakukan pembebasan dengan penyerbuan tank dan berhasil merebutnya dari tangan Jerman. Tapi, sebelumnya Warsawa melakukan dua kali pemberontakan, yaitu di perkampungan Yahudi dan di pusat kota.

Selama periode okupasi Jerman itu tercatat 800 ribu orang mati. Setelah pembebasan, Warsawa kembali menjadi ibukota Polandia dan seiring dengan itu sejumlah bangunan bersejarah kembali dipugar.

Secara umum, Warsawa yang kini menjadi ibu kota Polandia, memiliki gaya arsitektur yang merefleksikan sejarah kelam kota di Perang Dunia II. Demikian Warsawa punya tempat yang dibanggakan salah satunya adalah  Warsaw’s Palace of Culture and Science, sebagai bangunan keempat tertinggi di Eropa setelah, yang dimiliki Paris, Frankfurt dan London.

Transportasi
Warsawa-Fryderyk Chopin Airport berada sekitar 8km ke arah selatan dari pusat kota. Ada beberapa stasiun kereta api, tetapi sebagian besar wisatawan hanya perlu menyambangi Warszawa Centralna di jantung kota. Yang perlu diingat, stasiun itu tidak selalu menjadi tujuan akhir. Ada layanan setiap hari langsung ke Wroclaw (lima jam), Gdansk (4,5 jam), Poznan (jam 3-4), Lviv (14 jam) dan Kyiv (15 jam). Ada dua terminal bus: Warszawa Stadion melayani tujuan rute timur, sementara Warszawa Zachodnia menangani semua rute lain, termasuk ke Gdansk dan Wroclaw (5-7 jam).

Jarak ke lain tempat UEFA EURO 2012
Poznan - 320 km
Wroclaw - 350km
Gdansk - 345km
Lviv - 385km
Kyiv - 820km
Kharkiv - 1.250 km
Donetsk - 1.465 km

Transportasi sekitar kota
Sistem transportasi publik terpadu Warsawa termasuk bus, trem dan metro. Rute utama dijalankan pukul 05,00-23,00 setiap hari, setelah malam bus Link Emilii Plater Street bisa digunakan sebagai transportasi dari pusat ke pinggiran kota, meskipun pada Jumat dan Sabtu metro hanya sampai 02:00. Biaya perjalanan 2.40zloty' dan ada juga tiket untuk 90 menit/satu hari/tiga hari/minggu (6/9.60/14.40/32zloty).

Data Stadion
Lokasi: Warsawa, Poland
Koordinat: 52°14′22″N 21°02′44″E
Operator: State Treasury (Narodowe Centrum Sportu Sp. z o.o)
Permukaan: Field (Grass)
Biaya Pembangunan: c. 1,915 billion PLN (€ 500 million)
Arsitek: Gerkan, Marg and Partners
Insinyur Struktur: Schlaich Bergermann & Partner
Kapasitas: 58.145.

Wroclaw Municipal Stadium


Foto: Wroclaw Stadium/Wikipedia

Venue ketiga Polandia untuk Euro 2012 yang berkapasitas 40 ribu orang (kapasitas UEFA) ini dibangun April 2009 dan selesai September 2011. Peresmiannya lumayan meriah karena George Michael secara khusus diundang untuk melakukan konser di stadion ini pada 17 September 2011.

Yang menarik bentuk stadion ini menyerupai lampion China dan dirancang dengan desain yang inovatif, di mana serat fiber menyelimuti seluruh bagian tribun dan dindingnya. Warna dari dindingnya dapat berubah ubah dengan efek pencahayaan lampu.

Mario Balotelli dan Giampaolo Pazzini pernah merasakaan nikmatnya mencetak gol di stadion ini. Apalagi gol-gol itu tercatat sebagai gol internasional pertama yang dicetak di stadion baru itu.

Lokasi
Dibangun di barat laut wilayah Maslice di Wroclaw, Polandia, stadion ini dekat dengan bandara dan dapat dengan mudah diakses dari pusat kota melalui kereta api dan trem.

Atmosfir
Desain mangkuk dirancang untuk menyerap suara kerumunan penonton. Terkait estetika stadion, duta Euro 2012 Zbigniew Boniek berkomentar: "Ketika saya melihat itu, saya menyesal karena ketika saya menjadi pemain, kami harus bermain di stadion yang tampak seperti kandang ayam. Sayangnya karier bermain saya sudah berakhir."

Tahukah Anda?
Pada 11 September 2011, stadion ini menggelar perebutan titel tinju Vitali Klitschko melawan Tomasz Adamek untuk kelas berat WBC. Petinju asal Ukraina menghentikan penantangnya asal Polandia pada ronde 10 di hadapan 42.000 penonton.

Lokasi: Wroclaw, Polandia
Dibangun: (Rampung: 30 Juni 2011)
Pemilik: City of Wroclaw
Operator: SMG
Permukaan: Rumput
Biaya pembangunan: 729,7 mln PLN
Arsitek: JSK Architekci
Kapasitas: 42.771
Dimensi Lapangan: 105 x 68 meters

Sejarah
Wroclaw dibangun kembali sejak didirikan di persimpangan dua rute perdagangan; Via Regia dan Amber Road. Namanya diduga berasal dari Duke Vratislaus I dari Bohemia, yang menguasai Wroclaw 1135-1526. Kemudian diberi nama Breslau oleh Jerman diperintah oleh Dewan Habsburg. Pada tahun 1871 Breslau menjadi kota keenam terbesar Jerman.

Sebagai pos timur utama, Wroclaw menjadi benteng terakhir dari Perang Dunia II. Harga yang mahal: lebih dari setengah kota itu dihancurkan. Berdasarkan Konferensi Potsdam, 30% dari populasi 600 ribu jiwa tewas terakibat perang itu.

Kota ini dimukimkan kembali oleh orang-orang dari wilayah timur Polandia, kebanyakan Lviv, sekarang Ukraina. Pembangunan kembali berlanjut sampai tahun 1980-an meskipun banjir besar pada tahun 1997 membawa kehancuran lebih lanjut, menenggelamkan sepertiga kota.

Transportasi
(Ke dan dari) Copernicus Airport Wroclaw berjarak 13km selatan-barat kota dan memiliki penerbangan reguler ke Kopenhagen, Oslo, Paris, Brussels, Dublin, Eindhoven dan Stockholm serta beberapa tujuan di Jerman, Inggris dan Italia. Ada juga koneksi setiap hari untuk Warsawa dan Gdansk, meskipun perjalanan kereta api dari Glowny Wroclaw bisa menjadi pilihan menyenangkan karena melewati tempat-tempat yang indah.

Perjalanan kereta Express ke Warsawa hanya memerlukan lima jam dan ada juga layanan reguler ke Poznan (2,5 jam) dan Gdansk (7,5 jam). Stasiun bus terdekat menyediakan link sama-waktunya ke Warsawa dan Poznan, serta sejumlah tujuan internasional.

Jarak ke lain tempat UEFA EURO 2012
Poznan – 175km
Warsaw – 350km
Gdansk – 480km
Lviv – 620km
Kyiv – 1,090km
Kharkiv – 1,515km
Donetsk – 1,750km

Di dalam dan sekitar
Kota ini dilayani oleh jaringan bus dan trem. Perjalanan di dalam kota berbiaya 2.50zloty, perjalanan panjang 3.00zloty', sementara layanan yang cepat dan bus malam penumpang dikenai biaya 5.00zloty'. Sebuah jalur trem cepat yang akan menghubungkan bagian timur kota dengan bandara dan Kota Wroclaw Stadion juga sedang dibangun. Ada juga penyewaan sepeda yang disediakan bagian pariwisata kota itu.(dari berbagai sumber)

PGE Arena Gdansk


Foto: PGE Arena Gdansk/Wikipedia


GDANSK - Stadion ini terletak di bagian utara kota Gdansk [wilayah Letnica], Polandia. Fans bisa memanfaatkan bus, kereta api dan trem untuk mencapai stadion.

Atmosfir
Tanpa lintasan trek atletik, fans bisa menyaksikan pertandingan secara lebih dekat di PGE Arena. Tampak luar yang menyala membuat stadion ini jadi pemandangan yang menarik untuk laga-laga di malam hari.

Tahukah Anda? Bagian luar stadion ini terdiri dari 18.000 pelat polikarbonat dalam enam nuansa kuning, dan luasnya secara keseluruhan mencapai 4.5 hektar.

Lokasi : Gdansk, Polandia
Pembangunan : 2008 – 2011
Pemilik: City of Gdansk
Lapangan: Rumput
Biaya Pembangunan : 775 juta PLN
Arsitek : RKW Rhode Kellermann Wawrowsky
Struktur Insinyur : Bollinger+Grohmann
Kapasitas : 44.000
Dimensi lapangan : 105 x 68 metres
 
Sejarah Kota

Pada pertengahan abad ke-16, Gdansk adalah kota terbesar di Polandia, rumah bagi legiun pedagang internasional. Namun perang membawa penurunan ekonomi dan Prusia pada tahun 1793 mencaploknya. Di era Napoleon, Gdansk menjadi kota bebas antara 1807 dan 1814. Namun kembali di bawah Prusia setelah Prancis kalah di perang Napoleon. Setelah itu Gdansk diperintah Jerman sampai 1918 dan akhir Perang Dunia Pertama.

Perjanjian Versailles membuat Gdansk kembali menjadi status kota bebas, yang berlangsung sampai awal Perang Dunia II. Ketika pada 1 September 1939 SMS Schleswig-Holstein dipecat di pangkalan militer Polandia di kota itu, Westerplatte.

Gdansk diberikan kepada Polandia pada akhir perang tetapi pemboman berat membuat kota itu rusak parah. Rekonstruksi dilakukan hingga tahun 1970, di mana penggulingan rezim anti-demonstrasi yang menyebabkan kejatuhan pemimpin Komunis Wladyslaw Gomulka baru dimulai.

Napoleon pernah berkata Gdansk adalah "kunci untuk segalanya". Dalam 1.000 tahun perpindahan kekuasaan yang terjadi di kota itu membuktikan ucapan ini. Gdansk adalah kota maritim yang dikenal sebagai Danzig hingga 1945 diperintah di bawah kekuasaan Polandia, Orde Teutonik, Prusia dan kemudian Jerman.

Seperti pada 1939 ketika Perang Dunia Kedua dimulai dengan invasi Gdansk, bahkan menjadi sebuah negara kota, dengan konstitusi sendiri, lagu kebangsaan dan mata uang. Namun sejak 1945 akhirnya berbendera Polandia.

Sepanjang pemerintahan yang penuh gejolak, perdagangan dan merkantilisme tetap berlangsung konstan. Namun di galangan kapal di pantai Baltik peristiwa besar terjadi sini. Di mana Solidaritas serikat lahir, yang akhirnya berperan besar meruntuhkan kekuasaan Partai Komunis pada tahun 1989. Pemimpin Solidaritas itu, Lech Walesa, kemudian menjadi presiden Polandia.

Berbaring di mulut sungai Motlawa dan sangat dekat ke outlet dari 1.050 km panjang Vistula, Gdansk tetap pelabuhan utama Polandia. Bersama dengan Kota Gdynia dan Sopot, Gdansk menjadi daerah metropolitan yang tersebar di sepanjang 25km dari pantai Baltik, dikenal sebagai Tricity (Trojmiasto).

Transportasi

Ke dan dari
Bandara Lech Walesa 14 km barat Gdansk dan memiliki penerbangan reguler ke Warsawa, Frankfurt, Munich, dan London. Feri dijalankan beberapa kali sepekan dari Pelabuhan Nowy untuk Nynashamn, Stockholm, sedangkan terminal bus PKS memiliki hubungan reguler dengan Warsawa.

Stasiun kereta terdekat Gdansk Glowny juga memiliki layanan harian menuju ibukota Polandia (4,5 jam), Wroclaw (7,5 jam) dan Poznan (4 jam). Gdansk adalah titik awal dari rute 9 siklus EuroVelo yang berjalan melalui Republik Ceko, Austria dan Slovenia sebelum berakhir di Laut Adriatik di Pula, Kroasia.

Jarak ke venue lain Euro 2012
Poznan – 305km
Warsaw – 345km
Wroclaw – 480km
Lviv – 725km
Kyiv – 1,190km
Kharkiv – 1,600km
Donetsk – 1,810km
 
Di dalam dan sekitar
Untuk transportasi sekitar kota, kereta komuter biasa beroperasi dari stasiun kereta Gloowny ke Gdynia Gloowna Gdansk, dan ada trem dan bus untuk tujuan lokal.

Stadion Miejski Poznan

Foto: Stadion Miejski Poznan/Wikipedia
Stadion terletak di sebelah barat daya kota Poznan. Menggunakan bus hijau dan kuning adalah cara terbaik untuk mencapai stadion ini dari pusat kota. Tapi menjelang pembukaan turnamen, trem kedua akan ditambah untuk mendukung jalur yang sekarang berjalan ke arah utara.

Atmosfer
Tribun yang tinggi dan landai, ditambah atap yang menutupi sebagian lapangan memastikan tingkat kebisingan tetap tinggi selama pertandingan berlangsung.

Tahukah Anda?

Penyelesaian renovasi stadion pada September 2010 ditandai oleh konser Sting. Ribuan penonton memadati stadion ini ketika musisi asal Inggris itu mempromosikan album barunya berjudul Symphonicities.

Nama Stadion: Stadion Miejski
Nama Lain: Stadion Lecha
Lokasi: ul. Bulgarska 17, 60-320 Poznan, Poland
Dibangun: 1968 - 1980
Tanggal Peresmian: 23 Agusuts 1980
Renovasi: 2003 - 2010
Owner: City of Poznan
Operator: Lech Poznan
Permukaan: Rumput
Biaya Pembangunan: €180 miliar (hanya renovasi)
Arstitek: Modern Construction Design Sp. z o.o.
Kapasitas: 41.609
Rekor penonton: 45.000 (Lech Poznan-Widzew Lodz, 8 April 1984)
Dimensi Lapangan: 105 x 68 meter

Sejarah Kota
Poznan diterjemahkan sebagai "orang yang dikenal" salah satu kota penting di awal sejarah Polandia. Dan saat ini  Poznan juga masih dipandang sebagai kota perdagangan yang penting.

Poznan muncul sebagai sebuah benteng kayu di abad ke-9  di atas pulau Warta sebelum akhirnya populasi tinggi memaksa penduduk migrasi ke daratan. Sempat diperintah Prusia/Jerman sejak 1793, dan kembali ke pangkuan Polandia pada 1919, Poznan kemudian menjadi pemicu pemberontakan regional yang intens di blok Soviet.

Didirikan oleh Polanians Slavia di Ostrow Tumski di sungai Warta, Poznan merupakan sebuah kerajaan sampai Kekaisaran Romawi melakukan serangan pada 1039. Namun meski mereka pindah ke Krakow, monarki tetap terkubur selama 250 tahun. Terletak di tengah antara Berlin dan Warsawa, banyak yang datang untuk tinggal di Poznan sehingga pertumbuhan populasi melebihi kapasitas pulau itu, akhirnya Pada 1253 pusat kota dipindahkan ke tepi kiri Warta.

Poznan pernah mengalami invasi oleh Swedia, Prusia, Rusia dan diperintah Jerman hingga 1918. Setelah Perang Dunia I, pemberontakan Wielkopolska pecah. Pemberontakan berubah menjadi perang sipil. Dengan Perjanjian Versailles Poznan dan provinsi sisanya diberikan ke Polandia.

Transportasi
(Ke dan dari) Bandara Poznan-Lawica berada 7km sebelah barat kota dan memiliki penerbangan harian ke Warsawa serta link biasa ke Kopenhagen, Dublin, Stockholm, Barcelona, Jerman dan Inggris. PoznaN Glowny stasiun kereta api di jantung kota menawarkan layanan domestik terbaik dengan sekitar 20 layanan setiap hari ke Warsawa (jam 3-4). Ada juga kereta ke Wroclaw (2,5 jam), Gdansk (4 jam), dan Kyiv (18 jam) dan ada juga layanan langsung ke Berlin, Cologne dan Moskow.

Jarak ke lain tempat UEFA EURO 2012
Wroclaw – 175km
Gdansk – 305km
Warsaw – 320km
Lviv – 700km
Kyiv – 1,140km
Kharkiv – 1,570km
Donetsk – 1,785km

Di dalam dan sekitar
Kota ini dilayani oleh trem dan bus, biasanya dicat hijau dan kuning. Tiket yang tersedia dari kios, toko dan outlet MPK, biasanya menampilkan logo MPK dan tersedia selama 24 jam dan satu minggu. Sedangkan untuk perjalanan tunggal ada pilihan: tiket waktu atau tiket jarak. Dengan pengecualian jam sibuk dan perbaikan jalan, umumnya lebih baik membeli dengan opsi ‘pilihan waktu’. MPK juga menyediakan penyewaan sepeda. Ada juga Trem Cepat Poznan (Poznanski Szybki Tramwaj), yang saat ini berjalan ke utara dari pusat kota.

Olympic Stadium Kiev

Foto: Olympic Stadium Kiev/Wikipedia
Olympic Stadium berkapasitas 60 ribu orang. Namun berdasarkan catatan, stadion itu pernah menampung 102 ribu orang saat FC Dynamo Kyiev menghadapi Bayern Munich pada 16 Maret 1977.

Stadion yang berada tepat di kaki bukit Cherepanov di Pechersk ini dibangun pada 1923 dan dipugar kembali pada 2008 dan dibuka lagi pada Oktober 2011. Sebelumnya, nama dari stadion ini adalah Red Stadium of Lev Trotsky.

Sebelum pembangunan besar untuk ajang Euro 2012, Olympic Stadium pernah beberapa kali mengalami perubahan kecil. Rekontruksi terakhir dilakukan dengan menghancurkan barisan terbawah dan membangun Stand Barat dengan dua level tempat untuk wartawan dan kursi VIP di antaranya, dan penambahan atap transparan.

Lokasi
Stadion ini terletak di pusat Kota Kiev, di tepi kanan sungai Dnieper. Karena lokasinya yang strategis di tengah kota, stadion ini mudah diakses dengan berbagai mode transportasi.

Atmosfir
Meskipun trek atletik mengitari lapangan, bekas striker AC Milan dan pemegang rekor gol terbanyak timnas Ukraina Andriy Shevchenko menyatakan: "Saya senang dengan Olympic Stadium. Ini tempat yang luar biasa untuk bertanding, kondisinya fantastis."

Tahukah Anda?
Olympic Stadium di Kiev ini ikut menggelar pertandingan sepakbola Olimpiade 1980 Moskwa. 32 tahun kemudian, stadion ini akan melangsungkan final Euro 2012.

Sejarah Kota
Di antara abad 10 hingga 12, Kiev merupakan ibu kota berperadaban besar pertama di wilayah Slav timur dengan nama Kyivan Rus. Dalam kronik abad pertengahan, Kiev dijuluki sebagai “sukacita dunia”. Kota ini mengalami masa kejayaan sejak 989 ketika diperintah oleh Volodymir Agung yang saat itu memutuskan bersekutu dengan Constantinopel dengan menikahi anak raja dan kemudian mengadopsi agama Kristen Ortodox.

Keindahan Kiev pun semakin lengkap karena kota ini menjadi pusat budaya dan politik, sayangnya masa kejayaannya berlangsung singkat dan mengalami kemunduran karena direbut Mongol pada 1240.

Pada abad-abad berikutnya, Kiev berulang kali mengalami penjajahan.Setelah Mongol keluar, kota ini menjadi bagian dari Grand Duchy of Lithuania di abad 14 dan kemudian masuk ke persemakmuran Polandia-Lithuania.

Lambat laun, Kiev jatuh ke tangan Rusia hingga akhir abad 20, seperti halnya bagian Ukraina lainnya yang menjadi bagian dari Soviet, Kiev tak lepas dari okupasi Nazi 1941-1943.Setelah era perang Kiev berubah menjadi daerah industri yang pesat, untuk memenuhi kebutuhan rumah yang tinggi karena pada 1943 tercatat 80 persen penduduknya adalah tunawisma.

Transportasi
(Ke dan dari) Kiev memiliki dua bandara, Zhulyany (8km ke barat daya dari pusat kota) dan Internasional Boryspil (35 km ke arah timur). Yang terakhir ini memiliki rute reguler ke Warsawa, Lviv, Kharkiv dan Donetsk. Terdapat juga Bus Central Station yang letaknya 3 km dari pusat ke arah selatan, yang menawarkan link angkutan yang lebih murah untuk UEFA EURO 2012 seperti ke Lviv (10 jam), Kharkiv (7 jam) dan Donetsk (11,5 jam). Terminal kereta di jantung kota juga beroperasi sepanjang malam, untuk menuju Kharkiv (6 jam), Lviv (dari 6,5 jam), Donetsk (12 jam), Warsawa (15 jam), Poznan (18 jam) dan Wroclaw (25 jam).

Jarak ke tempat lain (dari Kiev ke): 
Kharkiv - 480km
Lviv - 540km
Donetsk - 700km
Warsawa - 820km
Wroclaw - 1.090 km
Poznan - 1.140 km
Gdansk - 1.190 km

Di dalam dan sekitar kota
Transportasi umum termasuk bus, trolleybuses, trem dan sistem metro terus berkembang. Metro biasanya merupakan cara tercepat dan paling mudah ditemui. Alternatif lain juga merasakan kereta bawah tanah melalui stasiun Arsenalna sedalam 102 meter. Tidak heran bila stasiun ini disebut sebagai salah satu stasiun terdalam di dunia. Kereta dari stasiun ini beroperasi dari pukul 06.00 sampai tengah malam. Dengan biaya per penumpang 2 USD. Seperti banyak sistem metro Soviet, stasiun cukup bersih dan memiliki dekorasi yang indah, kontras dengan layanan bus yang kurang bisa diandalkan karena mereka harus bersaing dengan kendaraan lain di jalan-jalan Kiev.

Nama Stadion: Olympic Stadium
Lokasi: Kiev
Koordinat: 50°26′0.38″N 30°31′19.61″E
Permukaan:Rumput
Biaya Konstruksi: USD500-550 juta
Arsitek: L.V Pilvinsky (1923) Mykahilo Hrechyna (1936-41) GMP (Jerman) 2008-2011)
Kontraktor: Kyiymiskbud
Dimensi lapangan: 105 m x68 m
Kapasitas: 70.050
Dibuka: 12 Agustus 1923 Renovasi 1941, 1999,2011 dikembangkan 1966,1978 ditutup 2008-2012
Pemilik: Sports Arenas of Ukraine

Arena Lviv


Foto: Arena Lviv/Wikipedia
Arena Lviv menjadi venue terkecil yang dipakai untuk pertandingan Euro 2012, dengan kapasitas 30 ribu penonton. Stadion ini terletak di bagian selatan kota Lviv, dekat persimpangan jalan lingkar kota dan merupakan bagian dari raion Sykhiv kota Lviv. Sedangkan stadion ini terletak tepat di samping perumahan Sykhiv massif. Di seberang stadion ini juga terdapat hippodrome.

Kapasitas stadion ini bisa disesaki 34.915 (jika penonton membludak) termasuk 450 tempat duduk VIP. Sedangkan sebagian atap menggunakan material transparan untuk memberikan sinar matahari yang cukup untuk rumput.

Parkir stadion terletak di bawah arena yang terdiri dari tiga tingkat. Parkir untuk VIP akan mencakup 1.593 ruang. Ada juga area parkir yang menyediakan lift khusus bagi penyandang cacat.

Arena Lviv
Lokasi : Lviv, Ukraina
Koordinat : 49°46′31″N 24°1′40″E
Pembangunan : 2008—2011
Dibuka : Oktober 29, 2011
Pemilik : Sports Arenas of Ukraine
Operator : «Arena Lviv»
Lapangan : Rumput
Biaya pembangunan: 211 juta euro
Arsitek : Albert Wimmer ZT Gmbh (Vienna) / Arnika (Lviv)
Kontraktor : Altkom
Kapasitas : 34,915
Dimensi lapangan : 105x68

Sejarah Kota

Lviv adalah kota yang mempesona. 70 Km dari perbatasan Polandia namun tradisi coffe-housenya lebih dekat dengan Austria dan Hungaria.

Sejak didirikan pada 1256, Lviv beberapa kali berpindah kekuasaan. Lviv dikenal sebagai City of Lev untuk mengenang anak raja Danylo Halytsky, kemudian menjadi Lwow ketika Polandia mengambil alih, lalu berganti lagi menjadi Lemberg saat Kerajaan Austria menguasai kota itu pada 1772 dan 1918. Orang rusia lebih mengenalnya sebagai Lvov, yang berarti Singa, yang menjadi lambang kota.

Di bawah Polandia hingga Perang Dunia II, Lviv mengalami invasi Nazi pada 1941 dan mengalami penderitaan di mana sekira setengah juta orang tewas sebelum akhirnya Soviet memegang kendali tiga setengah tahun kemudian. Konferensi Yalta akhirnya memasukan Lviv ke wilayah Ukraina.

Transportasi

Ke dan dari
Bandara Internasional kecil Lviv memiliki penerbangan harian ke Kiev, Wina dan Warsawa tapi untuk pilihan yang lebih murah, anda bisa ke bandara Krakow melintas sedikit perbatasan Polandia. Stasiun Bus Utama sebenarnya jauh dari pusat kota (8 km) dari bandara (6km) kecuali Anda sedang menuju ke / dari Kiev (sembilan jam) atau kota lain Ukraina, Anda mungkin tidak membutuhkannya. Stasiun bus No8 di Stasiun Kereta Api Pusat juga memiliki layanan harian untuk Kiev dan Warsawa (14 jam). Kereta mungkin pilihan tercepat sederhana dengan link reguler ke Kiev (dari 6,5 jam), Kharkiv (20 jam) dan Moskow (25 jam).
 
Jarak ke lain tempat
Warsawa - 385km
Kyiv - 540km
Poznan - 700km
Gdansk - 725km
Wroclaw - 620km
Kharkiv - 1.015 km
Donetsk - 1.175 km
 
Di dalam dan sekitar
Lviv memiliki trem yang sudah ada sejak 1880, tetapi, mengalami modernisasi dan perbaikan terbaru sehingga sangat layak untuk mengangkut penumpang. Tapi trrolleybuses telah menggantikan trem di thoroughfares utama, dengan ongkos yang tetap sama, 1 UAH. Jika ingin perjalanan yang lebih menantang, anda bisa coba Marshrutky yang tidak punya perhentian tetap (Anda harus berteriak / mime, jika ingin turun) tapi harganya lebih murah - 1,75 UAH per perjalanan - cepat dan umumnya bisa diandalkan.

Donbas Arena


Foto: Donbas Arena/Wikipedia
DONETSK - Donbas Arena berada di tengah kota di taman Lenin Comsomol. Stadion ini bisa menampung sekira 52.518 penonton.

Pembangunan Donbas dimulai sejak 2006 oleh perusahaan kontraktor Turki, ENKA dengan desain dari Arupsport, pendesain City of Manchester yang kini bernama Etihad Stadium, Allianz Arena (Munich) dan Beijing National Stadium (Beijing).

Donbas memiliki atap stadion yang membumbung menimbulkan efek seperti cawan terbang.Desain atapnya ini juga dibuat sedemikian rupa sesuai landscape agar bisa menyerap cahaya dan udara secara alami ke lapangan. Di malam hari, Donbas bisa terlihat sangat gemerlap karena memiliki tata cahaya di bagian luarnya.

Donbas Arena
Lokasi: Donetsk, Ukraina
Koordinat: 48°1′15″N 37°48′35″E
Di Bangun: 7 Juni 2006
Dibuka; 29 August 2009
Pemilik: Shakhtar Donetsk
Operator: Donbas Arena
Permukaan: Grass
Biaya Pembangunan: USD400 juta
Arsitek: ArupSport[1]
General Kontraktor: ENKA
Kapasitas: 52,518[2] (Football)
Dimensi Lapangan: 105m x 68m
 
Sejarah Kota
Donetsk adalah kota besar di timur Ukraina yang berada di sisi sungai Kalmius. Kota ini didirikan 1869 oleh seorang pengusaha baja dan tambang asal Wales John Hughes. Saat itu Donetsk masih bernama Yuzovka.

Di bawah rezim Soviet, industri baja tumbuh pesat di kota yang sempat diberi nama Stalino pada 1924 sebelum akhirnya diganti lagi dengan nama Donetsk. Sampai saat ini Donetsk menjadi kota penting untuk industri batubara dan baja di Ukraina.

Donetsk juga tidak lepas dari periode kelam periode kekuasaan komunis dan pendudukan Nazi. Puluhan ribu orang terutama orang Yahudi tewas saat Nazi menguasai kota.

Transportasi
Transportasi utama di Donetsk adalah trem, trolley bus, bus dan marshrutkas ( minibus carteran). Untuk trem terdapat 12 jalur (130 km), jalur trolley bus (188 km) dan 115 jalur bus. Baik moda transportasi trem dan trolley bus di kota masing-masing dilayani dua depot. Selain itu tentu saja Taxi.

Metalist Stadium


Foto: Metalist Stadium/Wikipedia
Metalist Stadium sudah dua kali berganti nama. Pada periode 1926-1940 stadion tersebut bernama Tractor Stadium, kemudian diganti menjadi Dzerzhinets Stadium (1940-1967).

Metalist Stadium di bangun di atas kuburan Holy Spirit berdasarkan perintah Ketua Presidium Uni Soviet Anastas Mikoyan pada 1925. Nama 'Traktor' pada awal keberadaan stadion diberikan karena pembangunannya disponsori oleh pabrik traktor setempat. Sebelum Perang Dunia II, diubah menjadi Dzerzhynets Stadium untuk menghormati Felix Dzerzhinsky, kepala Cheka pertama Uni Soviet.

Menyambut Euro 2012, untuk keempat kalinya stadion direnovasi dengan melengkapi Stand selatan dan membangun Stand timur. Pemindahan atap dan modernisasi general serta penambahan estetika dirampungkan akhir 2009. 5 Desember 2009, secara resmi stadion dibuka kembali berbarengan dengan perayaan ulang tahun ke-50 Presiden Metalist Kharkiv Oleksandr Yaroslavsky.

Nama sebelumnya: Tractor Stadium (1926–1940), Dzerzhinets Stadium (1940–1967)
Lokasi : Kharkiv, Ukraine
Koordinat : 49°58′51.09″N 36°15′42.13″E
Broke ground : 1925
Dibuka : September 12, 1926
Renovasi : December 5, 2009
Pemilik : Metalist Kharkiv
Surface : Grass
Arsitek : Z. V. Permilovskyi
Kapasitas : 38,633[1] (football)
Dimensi Lapangan: 105 x 68m

Sejarah Kota
Kharkiv adalah kota kedua terbesar di Ukraina yang dibangun pada 1654. Di masa Kerajaan Rusia Kharkiv mempunyai peran kunci dalam perkembangan budaya Ukraina. Kota ini juga merupakan kota pertama Ukraina saat Soviet Sosialis Ukraina diproklamasikan 1917 dan pemerintahan Soviet terbentuk.

Sampai tahun 1934, Kharkiv tetap menjadi ibukota SSR Ukraina yang kemudian pindah ke Kiev. Ahli sejarah menemukan bukti artefak dari zaman perunggu bahwa peradaban di Kharkiv telah ada sejak 2 abad sebelum masehi. Namun ditemukan di abad 17 oleh Eponymous, Kharkiv kemudian menjadi sebuah kota pada 1654.

Seperti kota di Ukraina lain, Kharkiv juga punya sejarah kelam terutama saat periode Soviet.Yang paling diingat sejarah adalah penahanan ratusan cendekiawan dan seniman yang dianggap anti komunis di tahun 1934, upaya pembersihan itu pun berlanjut hingga 1938. Sekitar 3.800 tahanan Polandia di kamp Starobelsk dieksekusi di Kharkiv.

Pada Perang Dunia II Kharkiv juga jatuh ke tangan Nazi Jerman pada 24 Oktober 1941. Tapi Soviet merebutnya kembali 16 Februari 1943.Uniknya, Jerman kembali menguasai kota hanya sebulan kemudian namun akhirnya berhasil dibebaskan 23 Agustus 1943.Tapi pengorbanannya sangat mahal. puluhan ribu orang tewas dan hampir sebagian besar kota hancur.

Transportasi
Kharkiv memiliki Bandara yang berada 10 km dari pusat kota.Banyak opsi untuk menuju ke bandara dengan bus, trolleybus dan bus ekspres. Namun jangan sekali-kali menunggu metro, karena tidak melayani rute ke bandara. Perjalanan ke kota lain di Ukraina bisa dilakukan lewat udara maupun jalur kereta. Kharkiv memiliki rapid transit system yang memiliki 29 jalur stasiun.
euro.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

SAHABAT BLOG

Free Guitar Flash Cursors at www.totallyfreecursors.com