Krisis ekonomi di Spanyol memaksa Real Madrid harus piawai menyiasati keuangan. Mereka berpotensi mendapat pemasukan besar, tetapi harus mengorbankan tradisi 57 tahun dengan mengganti nama stadion.
Santiago Bernabeu atau terkadang hanya disebut El Bernabeu sangat identik dengan Real Madrid. Itu memang nama stadion yang menjadi kandang Real Madrid sejak 1944. Nama El Bernabeu sendiri baru dipakai pada 1955.
Semula namanya Nuevo Estadio Chamartin. Karena jasa besar dari Santiago Bernabeu Yeste, presiden Real pada 1943-1978, nama stadion pun diubah sesuai namanya. Sampai saat ini, nama stadion itu sangat melegenda sebagai salah satu stadion paling terkenal di dunia.
Namun, nama Santiago Bernabeu sepertinya akan berubah dalam waktu dekat. Real memiliki rencana untuk menjual penamaan stadion kepada sponsor sebagai upaya untuk mendapatkan pemasukan agar neraca keuangan tetap stabil.
"Kondisi keuangan tim kami tetap bagus, tetapi kami harus kreatif dalam menggali sumber keuangan tim," bilang Miguel Pardeza, direktur Real, seperti dilansir Marca.
Ide itu bermula dari tawaran Emirates, maskapai penerbangan asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Emirates yang baru saja meneken kontrak sponsor di dada pemain Real selama lima tahun ke depan, mengirim proposal untuk mengganti nama stadion.
Nilai yang ditawarkan cukup menggiurkan, Emirates menawarkan 53 juta euro atau setara Rp 613,4 miliar pertahun supaya Real bersedia menambahkan nama Emirates dalam penamaan stadion. Mereka tidak meminta mengganti sepenuhnya.
Paling tidak, mereka mengirim usulan nama Fly-Emirates Bernabeu atau Emirates Santiago Bernabeu. Tidak harus sepenuhnya menjadi Emirates Stadium seperti milik Arsenal di London atau Etihad Stadium seperti milik Manchester City di Manchester.
Tetap mempertahankan El Bernabeu karena sudah telanjur sangat populer dan memiliki tradisi hebat. Rencana yang sebenarnya banyak ditentang fans Real, tetapi mengingat kondisi ekonomi sekarang ini, tidak banyak yang bersuara.
Sulit bagi Real untuk menolak tawaran uang yang cukup besar itu. Apalagi Emirates dikenal sebagai perusahaan yang gigih dalam melakukan branding. Mereka sangat konsen pada olahraga. Lihat saja jumlah klub sepak bola yang mereka sponsori, mulai dari AC Milan, Paris Saint Germain, Hamburg, dan kini Real Madrid.
Bukan hanya di sepak bola, Emirates juga terjun mensponsori tim kriket Australia, juga mensponsori sejumlah even kriket. Salah satu even kriket paling terkenal yang disponsori Emirates adalah Indian Premier League.
Lalu, mulai 2012, Emirates juga akan menjadi sponsor bagi Seri Pemanasan AS Terbuka, turnamen yang biasanya dilaksanakan enam pekan sebelum AS Terbuka. Ikatan sponsor itu akan bertahan hingga 2019 mendatang.
www.JPNN.com
0 komentar:
Posting Komentar